Sambut Liga 1 Musim 2018, Persib Bandung Tambah Pemain Asing

Hanya mampu berakhir di peringkat ke-13 pada klasemen akhir Liga 1 Indonesia musim 2017, Persib Bandung memang harus berjuang keras memperbaiki prestasi mereka. Setelah memecat Djajang Nurdjaman, Persib pun menggaet pelatih baru asal Argentina bernama Roberto Carlos Mario Gomez. Tim berjuluk Maung Bandung ini mengenalkan Gomez sebagai arsitek baru mereka pada akhir November 2017.

 

Masuknya Gomez jelas membuat wajah skuad baru Persib sangat dinantikan. Terbaru, Persib sudah mendapatkan bek asing asal Serbia bernama Bojan Malisic. Sebelum bergabung dengan Persib, Bojan terakhir kali tergabung di klub asal Filipina, Davao Agulias FC. Kepastian masuknya stoper berusia 32 tahun itu menghentikan spekulasi mengenai nama-nama pemain judi online asing yang jadi incaran Persib seperti mantan bek PSS Sleman dan Persela Lamongan, Kristian Adelmund.

 

Masuknya Bojan tentu akan meramaikan posisi bek tengah selain Achmad Jufriyanto dan Wildansyah. Kedatangan Bojan ini menggantikan Vladimir Vujovic yang hengkang di akhir musim 2017. Sekedar informasi, Bojan juga pernah dilatih oleh Gomez kala mereka berada dalam klub South China AA di Hong Kong. Mengenai harga Bojan, situs Transfermark menyebutkan kalau dirinya berlabel 300 ribu euro atau sekitar Rp 4,8 miliar, seperti dilansir Bola.

 

Victor Igbonefo Diikat Tiga Musim Oleh Persib?

 

Selain kehadiran Bojan, Persib sudah sesumbar jika sejak pertengahan Desember kemarin mereka telah mendapatkan bek naturalisasi Victor Igbonefo. Igbonefo sendiri memang sudah resmi tak diperpanjang klub Nakhon Ratchasima asal Thailand. Kini Igbonefo tengah menikmati perayaan Natal di Nigeria dan baru akan memberikan informasi tujuannya kelak setelah Tahun Baru 2018.

 

Hanya saja teman dekat Igbonefo membocorkan kalau mantan pemain Persipura Jayapura musim 2005-2011 itu sudah memilih Persib ketimbang tawaran yang datang dari Sriwijaya FC, Madura United dan Bali United. “Igbonefo dapat kontrak tiga musim langsung dari Persib. Dia suka kontrak jangka panjang. Di Indonesia dia selalu bermain lebih dari dua musim untuk klub yang sama.”

 

Saat bermain di Thailand, Igbonefo memang selalu berganti klub tiap tahun karena statusnya sebagai pemain asing sehingga harus selektif memilih tawaran demi masa depan. Namun saat bermain di Indonesia berstatus sebagai pemain lokal, Igbonefo tentu berhasrat gabung ke tim besar dan mendapatkan tempat tinggal yang nyaman. Namun waktu dikonfirmasi kebenaran apakah dirinya memang bergabung ke Persib, Igbonefo masih malu-malu.

 

Persib Sudah Punya Tiga Pemain Asing

 

Demi melihat sejauh apa ketajaman para pemainnya, Persib memang baru saja usai menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta. Dari penilaian sepanjang pemusatan latihan, Gomez akan memutuskan siapa saja pemain yang resmi masuk di skuad utama Persib musim depan. Sejauh ini Persib telah memiliki tiga pemain asing dengan dua di antaranya yang bertahan adalah Ezechiel N’Douassel dan Michael Essien.

 

Ezechiel dan Essien sendiri memang dikontrak Persib selama dua tahun sejak musim 2017. Hanya saja Gomez masih menginginkan pemain asing untuk mengisi posisi penyerang dan bek tengah. Jika Bojan sudah pasti ada di bek tengah, maka kuota pemain asing hanya tersisa untuk posisi penyerang. Namun keinginan Gomez menambah pemain asing dikritisi oleh legenda hidup Persib, Yudi Guntara yang tidak setuju. Menurut Yudi, Persib sudah punya pemain lokal yang tak kalah mumpuni. Hanya saja jika alasan Gomez merekrut pemain asing untuk menggantikan pemain lokal langganan Timnas Indonesia, maka Yudi bisa menerimanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *