Ini Yang Harus Anda Lakukan Agar Kantong Tak Bolong Pasca Liburan

Bila berbicara tentang liburan kebanyakan orang tentu akan langsung teringat akan besarnya pengeluaran yang harus dibayar untuk membiayai liburan tersebut. Dana tersebut dialokasikan untuk tiket perjalanan, akomodasi dan penginapan, serta persiapannya. Tetapi sesungguhnya Anda tak harus selalu merogoh kocek terlalu dalam untuk berlibur bahkan hingga harus menghabiskan gaji Anda. Dengan sedikit strategi biaya liburan bisa menjadi lebih hemat walaupun dana untuk tiket perjalanan umumnya memang tak dapat diotak-atik. Nah, berikut ulasannya.

 

Agar gaji tak habis setelah berlibur

Inilah beberapa tips agar gaji tak habis setelah liburan dengan keluarga.

 

Camilan dan perlengkapan mandi pribadi

Anda pasti tahu bahwa harga makanan ringan di lokasi-lokasi  wisata sangat mahal, bahkan  bisa 3 hingga 4 kali lipat dari harga biasa. Inilah sebabnya jangan sampai lupa membaca snack sendiri. Satu trik  lagi untuk berhemat saat liburan adalah dengan membawa perlengkapan mandi sendiri. Ini berlaku bila Anda menginap di homestay atau hostel yang tak menyediakan fasilitas perlengkapan mandi. Ujung-ujungnya tentu Anda harus membeli perlengkapan mandi yang umumnya malas Anda bawa  pulang kembali. Untuk menghindari hal itu tak ada salahnya Anda mempersiapkan perlengkapan mandi ini sejak dari rumah. Anda bisa lebih berhemat dengan berbagai bawaan dengan keluarga atau teman seperjalanan, misalnya sebuah botol shampoo atau sabun dewa poker cair yang dapat digunakan bersama.

 

Membawa hiburan sendiri

Bila pergi berlibur bersama anak-anak mereka akan lebih mudah merasa jenuh sehingga rewel di perjalanan. Untuk menghindari gangguan selama dalam perjalanan, orang tua biasanya akan  menuruti keinginan mereka, misalnya dengan membelikan mainan. Walaupun tak terlalu terlihat tetapi ini juga merupakan pengeluaran tak terduga yang bisa memboroskan uang Anda. Jadi lebih baik Anda membawa saja hiburan dari rumah, seperti boneka kesayangan, buku cerita, tablet, pemutar music, dan sebagainya. Dengan demikian perjalanan menuju tempat wisata akan berjalan lebih tenang dan damai.

 

Jalur darat

Salah satu cara untuk menghemat dana liburan adalah pergi berlibur dengan mobil pribadi. Apalagi bila Anda liburan dengan berombongan atau sekeluarga jadi dapat bergantian menyetir. Dana yang harus dialokasikan untuk tiket pesawat akan sangat besar bila Anda tak memilih jalur darat. Aktivitas ini juga akan memberikan pengalaman yang seru dan menyenangkan. Yang paling penting adalah mempersiapkan kendaraan Anda semaksimal mungkin dan jangan lupa membawa bekal.

 

Packing barang bawaan dengan baik

Bila memang tujuan liburan mengharuskan Anda untuk bepergian dengan pesawat, cermati barang bawaan Anda. Batasi kopor yang akan dibawa sehingga Anda harus memilih barang-barang yang benar-benar dibutuhkan. Terlalu banyak barang bawaan hanya akan merepotkan Anda apalagi bila sampai beratnya melebihi batas yang ditentukan. Resikonya adalah membayar dana kelebihan berat kopor. Ini juga berlaku saat pulang liburan sehingga Anda harus memperhitungkan berapa banyak oleh-oleh yang cukup dimuat dalam kopor Anda.

 

Liburan hemat

Berlibur tak harus mengeluarkan dana yang besar. Bila tak tersedia budget khusus untuk liburan Anda bisa naik gunung atau berkemah. Dengan biaya yang jauh lebih murah daripada liburan ke Bali misalnya, Anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan di alam. Selain itu pilihan paket one day tour atau tanpa menginap juga bisa menjadi pilihan.

 

Sebelum liburan jangan lupa mengatur budget Anda sebaik mungkin. Sebaiknya memang ada anggaran tersendiri untuk kegiatan melancong ini yang terpisah dari dana untuk operasional harian dan tabungan. Nah, selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *