Aktor Dan Aktris Pemeran Pahlawan Nasional

Hari pahlawan beberapa hari yang lalu memang merupakan waktu yang tepat untuk berkontemplasi mengenang jasa para pahlawan yang gugur demi memperjuangkan kemerdekaan tanah air kita. Pemerintah memang telah memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas jasa-jasa mereka, termasuk para pekerja seni yang mengangkat kisah perjuangan mereka ke layar lebar. Nah, inilah deretan para bintang film dengan acting jempolan di tanah air yang pernah memerankan para pahlawan nasional tersebut.

 

6 Aktor dan aktris yang pernah memerankan pahlawan nasional

Deretan aktor dan aktris berikut ini menunjukkan kelasnya sebagai bintang film berkualitas dengan memerankan para pahlawan nasional yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia.

 

Lukman Sardi – K.H. Ahmad Dahlan

Pada film Sang Pencerah besutan sutradara kawakan Hanung Bramantyo actor berumur 47 tahun ini menjadi pemeran utama yaitu Ahmad Dahlan yang mendirikan Organisasi Islam Muhammadiyah yang sekarang ini menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Sang Pencerah memberikan pesan moral tentang toleransi, bekerja sama dengan mereka yang mempunyai keyakinan berbeda, juga semangat reformasi untuk menuju kemajuan. Tak  hanya sebagai K.H. Ahmad Dahlan, Lukman Sardi juga pernah memerankan  tokoh Bung Hatta dalam film Soekarno.

 

Ario Bayu – Soekarno

Masih merupakan besutan Hanung Bramantyo, film Soekarno yang diperankan oleh Ario Bayu memang cukup controversial kala itu. Meskipun demikian acting Ario diganjar cukup sepadan yaitu namanya termasuk dalam daftar Nominasi Piala Citra dalam kategori Pemeran Utama Pria Terbaik pada Festival Film Indonesia tahun 2014.

 

Dian Sastrowardoyo – R.A. Kartini

Sebelumnya nama Dian justru sama sekali tak dicalonkan  untuk memerankan Kartini pada film biopic sejarah ini oleh sang sutradara, Hanung Bramantyo. Tetapi akhirnya justru pemeran Cinta dalam AADC inilah yang paling dapat mewakili sosok pahlawan emansipasi wanita ini. Konon Dian harus melakukan riset cukup intens dengan membaca banyak buku yang berkaitan dengan tokoh Kartini tersebut. Jerih payahnya pun tak sia-sia karena penonton Bursa Togel seolah dapat menyaksikan semangat dan perjuangan ibu Kartini pada sosok aktris cantik ini.

 

Reza Rahardian – Habibie

Pada awalnya Reza mengaku sangat tidak percaya diri saat diminta memerankan tokoh Bapak Teknologi Indonesia ini mengingat dari segi fisik dan wajah yang sangat jauh berbeda. Belum lagi para haters yang juga tak henti mempertanyakan keputusan Hanung Bramantyo tersebut untuk  memerankan tokoh Habibie. Hampir saja mundur, tetapi untungnya Reza akhirnya bersedia “menjadi” Pak Habibie dalam dua film biografi tentang tokoh tersebut dan sukses besar membawakan karakternya di layar lebar.

 

Selain menjadi Pak Habibie, Reza juga pernah memerankan tokoh Tjokroaminoto pada film Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Film biografi ini menceritakan kehidupan seorang bangsawan yang tak ragu meninggalkan statusnya demi turut merasakan penderitaan rakyat dan bekerja sebagai kuli pelabuhan. Akhirnya HOS Tjokroaminoto mendirikan SDI – Sarekat Dagang Islam dan menjadi inspirator bagi tokoh-tokoh besar nasional seperti Soekarno, Tan Malaka, dan lain-lain.

 

Adipati Dolken – Jenderal Sudirman

Actor tampan ini pernah memerankan  tokoh pahlawan nasional paling fenomenal yaitu Jenderal  Soedirman yang memimpin perang gerilya dalam menghadapi Agresi Militer Belanda II. Selama 7 bulan, Jenderal Soedirman  yang pada waktu itu dalam kondisi sakit paru-paru berat melakukan perjalanan gerilya bersama pasukan rakyat Indonesia dengan penuh penderitaan. Perjuangan beliau akhirnya memetik hasil yang luar biasa hingga Belanda terpaksa menghentikan agresi militernya.

 

Christine Hakim – Cut Nyak Dien

Tentu sudah tak ada lagi yang meragukan kepiawaian akting aktris senior Christine Hakim. Dia pernah memerankan tokoh pahlawan nasional wanita dari Aceh ini pada tahun 1988.  Film tentang  perjuangan Cut  Nyak Dien atau Tjoet Nja’ Dhien ini diganjar sebagai film terbaik pada Festival Film Indonesia 1988 dan menjadi film nasional pertama yang diputar di Festival Film Cannes di tahun 1989.

 

Yang mana idola Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *